Pengantar Teknologi Sistem Cerdas Tugas 3

DEWI LIASTUTI – 12114877 – 3KA38

SOFTSKILL TUGAS 3

SALAH SATU CONTOH TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

Di bawah ini adalah salah satu contoh Teknologi Sistem Cerdas :

  • CommuterLine Ticket Vending Machine

Hasil gambar untuk commuter line ticket Vending Machine

CommuterLine Ticket Vending Machine adalah mesin yang dapat melayani pembelian tiket CommuterLine secara mandiri. Mesin ini hanya dapat digunakan untuk tiket THB dan KMT yang dikeluarkan resmi oleh PT KCJ. PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang mulai mengoperasikan mesin tiket atau vending machine di sejumlah stasiun. Vending machine merupakan suatu alat atau mesin yang menjual tiket  secara otomatis. Vending Machine tidak membutuhkan tenaga operator untuk menjual barang, dan kita dapat memilih sendiri tiket kereta yang kita inginkan sesuai dengan tujuan. Keberadaan mesin tiket pada layanan KRL commuter line bertujuan untuk mengurangi antrian transaksi di loket.

Berikut ini adalah gambar mesin Ticket Vending Machine yang dijaga oleh petugas :

Hasil gambar untuk commuter line ticket Vending Machine

Pada teknologi CommuterLine Ticket Vending Machine diklasifikasikan berdasarkan Input, Proses, dan Outputnya adalah sebagai berikut :

1. Input

Pada tahap ini, input dilakukan dengan menekan tombol yang ada untuk pembelian tiket kartu atau memasukkan kartu KMT atau THB jika ingin melakukan pengisian ulang saldo.

2. Proses

Untuk tahap proses ini merupakan penggambaran alur proses kerja dari CommuterLine Ticket Vending Machinenya seperti gambar dibawah ini :

3. Output

Keluaran yang ditampilkan oleh CommuterLine Ticket Vending Machine, yaitu berupa pembelian suatu tiket baru atau pengisian ulang saldo tiket KMT atau THB yang akan digunakan.

 

SUMBER :

http://nailonasution26.blogspot.co.id/2016/11/penerapan-teknologi-sistem-cerdas-yang_12.html

(Sumber diakses pada tanggal 16 Desember 2016)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *