KLASIFIKASI DATA SEKUNDER (METODE PENELITIAN)

DEWI LIASTUTI – 12114877 – 3KA38

KLASIFIKASI DATA SEKUNDER

Secondary Data

            Data sekunder adalah data yang didapat dan disimpan oleh orang lain yang biasanya merupakan data masa lalu atau historikal. Potensi pasar seringkali diramal melalui data sekunder tersebut. Dalam banyak kasus, jika data sekunder yang dibutuhkan tidak tersedia, peneliti dapat memperkirakan atau meramalnya dengan mengkonversi beberapa tipe data sekunder yang berlainan.

            Berdasarkan sumbernya, data sekunder dapat diklasifikasikan menjadi data internal dan eksternal. Data yang berasal dari dalam organisasi yang merupakan data asli milik organisasi tersebut disebut sebagai data internal dan menjadi hak milik organisasi yang bersangkutan. Sedangkan data yang berasal dari luar perusahaan disebut sebagai data eksternal.

Keuntungan Data Sekunder

            Keuntungan utama dari penggunaan data sekunder adalah bahwa biaya yang diperlukan untuk memperolehnya tidak semahal jika harus menggunakan data primer. Sebagai contoh, seorang peneliti yang ingin memperoleh data mengenai perkiraan populasi terbaru sebuah kota dapat lebih menghemat banyak waktu dan biaya melalui kerjasama dengan lembaga yang bergerak di bidang demografi dibandingkan dengan melakukan sensus sendiri.

Kerugian Data Sekunder

            Kerugian penggunaan data sekunder antara lain adalah karena data sekunder tidak dirancang secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan peneliti. Beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Informasi yang sudah using
  • Pendefinisian yang bervariasi
  • Perbedaan satu unit, dan
  • Kurangnya informasi untuk melakukan verifikasi data.

Data sekunder cepat menjadi using dalam kondisi perubahan lingkungan yang sangat cepat. Karena tujuan penelitian kebanyakan adalah untuk memperkirakan kejadian di masa yang akan datang, maka ketersediaan data sekunder yang up-to-date akan sangat menolong.

Kerugian lain dari data sekunder adalah menyangkut kepastian akurasi data yang tersedia. Seringkali pengguna tidak dapat memastikan akurasinya dan harus menerima 100% data tersebut apa adanya dari sumber yang menjadi acuannya. Misalnya, sebuah media cetak biasanya sering melaporkan data survei mengenai pembacanya, namun seringkali mereka tidak mencantumkan data yang tidak menguntungkan pada laporan mereka. Cek silang data dari sumber yang berbeda seringkali harus dilakukan untuk mengetahui kebenaran suatu data. Di samping itu, bonafiditas lembaga penerbit data tersebut juga menjadi kriteria utama yang harus dipertimbangkan ketika akan menggunakan data sekunder dalam penelitian yang dilakukan. Secara diagramatis, kebutuhan akan data sekunder dapat ditelusuri menggunakan diagram.

Kekurangan Data Sekunder

            Kekurangan dari data sekunder adalah jika format data sekunder yang tersedia ternyata tidak sama dengan format yang dibutuhkan. Untuk mengatasi hal ini diperlukan konversi data dengan metode tertentu. Konversi data atau transformasi data adalah proses mengubah data dari bentuk atau format semula menjadi format baru yang dapat memenuhi tujuan penelitian.

1. Internal

Data internal merupakan data sekunder yang dibuat, disimpan, dan dihasilkan oleh organisasi itu sendiri. Kebanyakan organisasi secara rutin mengolah dan menyimpan data yang digunakan manajer untuk mengatasi masalah dikemudian hari. Volume penjualan, informasi penjualan, informasi pemesanan, dapat diprediksi berdasarkan data masa lampau. Agregasi dan disagregasi data internal merupakan bentuk-bentuk yang sering dilakukan pada penelitian dalam organisasi.

  • Ready to Use

Artinya data yang dipakai siap untuk diolah dan dianalisis oleh penelitian.

  • Requires further processing

 2. External

Data eksternal adalah data tentang keadaan di luar organisasi. Data eksternal pada umumnya didapat dari pihak lain dan digunakan sebagai pembanding. Data eksternal dibuat, disimpan, atau dihasilkan oleh organisasi lain. Jenis-jenis sumber data eksternal dapat berupa buku, sumber pemerintah, asosiasi, perdagangan, media, dan sumber-sumber komersial. Sumber data sekunder yang berasal dari buku dapat dicari di perpustakaan. Jurnal-jurnal professional juga dapat menjadi sumber data sekunder. Agen pemerintah sangat banyak menghasilkan data-data sekunder, baik itu dari survei, sensus, atau lainnya. Data yang dikeluarkan oleh pemerintah biasanya terjamin kualitas dan akurasinya. Beberapa perusahaan terkenal mengkhususkan diri dalam penjualan informasi. Sebagai contoh, perusahaan R. L. Polk menjual informasi mengenai otomotif, harga rata-rata mobil dan harga beli mobil baru dan The Petroleum Information Corporation menyediakan informasi mengenai cadangan minyak.

  • Published Materials

Published materials adalah sumber data eksternal paling luas. Akan tetapi, jika pencarian melalui data ini tidak spesifik maka data ini dapat muncul berlebihan.

  • Computerized Databases

Computerized databases adalah kompilasi besar file elektronik yang tersimpan di lokasi tunggal yang dirancang untuk mendukung proses yang memerlukan penyimpanan dan retrieval informasi yang relevan tanpa banyak pekerjaan kepada pengguna. Database tersebut biasanya dijalankan dan dikelola oleh aplikasi yang dirancang khusus, dikenal sebagai perangkat lunak sistem manajemen databaseSistem manajemen ini memungkinkan pengguna untuk menambah, mengedit, memanipulasi, dan menyimpan data yang diperlukan.

  • Syndicated Services

Syndicated database disebut juga syndicated services adalah perusahaan-perusahaan yang mengumpulkan serta menjual data hasil polling umum yang bernilai komersial, dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diberikan kepada klien. Data-data ini tidak dikumpulkan untuk maksud masalah riset pemasaran spesifik sebuah perusahaan tetapi data dan laporan yang dipasok ke perusahaan klien disesuaikan secara personalized untuk memenuhi kebutuhan khusus. Misalnya laporan dapat disusun berdasarkan wilayah penjualan atau lini produk klien. Menggunakan sumber sindikasi biasanya tidak mahal jika dibandingkan dengan pengumpulan data primer.

 Computerized Databases

  1. On-Line

Database Online adalah database yang disimpan dalam komputer yang memerlukan jaringan telekomunikasi untuk dapat mengaksesnya.

  1. Internet

Database Internet adalah database yang dapat diakses, dicari, dan dianalisis di internet. Kita juga dapat mendownload data dari internet dan menyimpannya dalam komputer atau perangkat penyimpan data tambahan.

  1. Off-Line

Database Offline adalah data yang tersedia didalam disket.

a) Bibliographic Databases

Database teks yang berisi referensi pada artikel jurnal, judul artikel, nama penulis, sumber publikasi, periode penerbitan, volume, nomor halaman, makalah seminar, dan kadang berisi bab tertentu dalam buku. Karena database ini berisi informasi bibliografi yang eksklusif, maka dikenal sebagai bibliographic databases.

b) Numeric Databases

Numeric databases adalah data sekunder yang memerlukan penelusuran dengan komputer serta disajikan dalam format elektronik. Penelusuran dengan komputer relatif lebih cepat, lengkap, dan efektif dibandingkan dengan penelusuran secara manual.

c) Full-Text Databases

Full-Text Databases menyediakan kutipan penuh, abstrak-abstrak, dan rujukan berupa tulisan lengkap disertai gambar dan diagram. Jika menggunakan full-text databases, itu berarti ketika menemukan referensi yang relevan, misalnya artikel jurnal, seseorang dapat menampilkan, menyimpan, atau mencetak keseluruhan tulisan dalam artikel tersebut dari komputer.

d) Directory Databases

Directory databases menyediakan informasi mengenai individu, organisasi, dan layanan.

e) Special-Purpose Databases

Special-purpose databases memberikan informasi yang khusus.

 

Syndicated Services

  1. Unit of Measurement

Unit of Measurement adalah besarnya kuantitas yang didefinisikan oleh konvensi atau hukum yang digunakan sebagai standar untuk pengukuran kuantitas yang sama.

Households/Consumers

Lembaga konsumen yang hidup dan juga menghasilkan beberapa barang dan jasa untuk diri sendiri.

Institutions

Organisasi yang diciptakan untuk mengejar jenis usaha tertentu, seperti perbankan oleh lembaga keuangan.

 

Syndicated Services : Consumers

  1. Households/Consumers

a) Mail Diary Panels

Mail Diary Panels adalah metode penelitian kualitatif dimana pilihan responden diminta untuk mencatat pengalaman atau pengamatan selama jangka waktu tertentu. Metode ini terutama digunakan dalam analisis media dan periklanan.

  • Purchase

Teknik pengumpulan data dimana responden mencatat pembelian mereka dalam buku harian.

  • Media

Teknik pengumpulan data yang melibatkan sampel responden televisi yang akan melihat perilaku secara otomatis didata oleh perangkat penyelesaiannya, melengkapi informasi pembelian yang tercatat didalam buku harian.

  • Volume Tracking Data

Pemindai data yang menyediakan informasi tentang pembelian merk, ukuran harga, dan formulasi yang dikumpulkan oleh kasir elektronik serta tidak dapat ditautkan ke latar belakang konsumen.

  • Scanner Diary Panels

Pemindai data yang dikumpulkan dari anggota panel yang mempunyai kartu ID agar memudahkan dalam melakukan pembelian karena harus dikaitkan dengan identitas pembeli.

  • Scanner Diary Panels with Cable TV

Ini adalah penggunaan pemindaian yang lebih canggih, menggabungkan scanner panel dengan teknologi baru yang muncul dari industry TV kabel. Dengan bantuan teknologi semacam ini, peneliti dapat melakukan eksperimen yang cukup terkontrol di lingkungan relative alami. Hal tersebut membantu untuk pengujian produk baru, promosi analisis, dan posisi produk. Data yang dikumpulkan mencerminkan pembelian actual dan memberikan kemampuan untuk menghubungkan data panel tersebut.

b) Electronic Scanner Services

Electronic scanner services adalah sistem pengumpulan data yang menangkap informasi penjualan merk dari scanner sistem toko eceran.

c) Surveys

Survey digunakan untuk mengumpulkan data psychograpic dan gaya hidup untuk segmentasi pasar, mengembangkan profil konsumen, menentukan preferensi konsumen, menentukan gambar produk, melakukan analisis persepsi harga.

Keuntungan menggunakan survey adalah cara paling fleksibel untuk memperoleh data dan dapat ditanyakan dalam berbagai pertanyaan, misalnya visual iklan, produk, dll. Sedangkan kerugiannya adalah kesalahan pewawancara dan kesalahan responden.

  • Psychographic & Lifestyles

Hal ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup. Misalnya, Land Rover menggunakan pendekatan gaya hidup “Freelander” yang penuh petualangan dengan menampilkan penangkapan buaya tanpa peralatan. Adidas juga menggunakan gaya ini dalam mengeksekusi pesan iklannya. Pasar yang dibidik Adidas adalah kaum muda seluruh dunia yang lincah dan menyukai mode.

  • General
  • Advertising Evaluation

 

Syndicated Services : Institutions

Institutions

a) Retailers

Sebuah bisnis atau orang yang menjual barang ke konsumen, dibandingkan dengan grosir atau pemasok, yang biasanya menjual barang-barang mereka ke bisnis lain.

b) Wholesalers

Perusahaan yang membeli barang dalam jumlah besar dari berbagai produsen atau vendor dan dijual kembali untuk pengecer.

  • Audits

Proses pengumpulan data yang berasal dari catatan fisik atau persediaan analisis. Data yang dikumpulkan secara pribadi oleh peneliti atau repetisi peneliti dan data tersebut didasarkan pada hitungan, biasanya dari benda-benda fisik.

c) Industrial Firms

  • Direct Inquiries
  • Clipping Services
  • Corporate Reports

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://books.google.co.id/books?id=TkfvuXxjIE0C&pg=PA120&dq=klasifikasi+data+sekunder&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiGhKKTiJ7QAhXLMo8KHbRTB6cQ6AEIGjAA#v=onepage&q=klasifikasi%20data%20sekunder&f=false
  2. https://books.google.co.id/books?id=saZED8D4mpsC&pg=PA17&dq=klasifikasi+data+sekunder&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiGhKKTiJ7QAhXLMo8KHbRTB6cQ6AEIMTAF#v=onepage&q=klasifikasi%20data%20sekunder&f=false
  3. https://books.google.co.id/books?id=GO-PT5-RiKQC&pg=PA76&lpg=PA76&dq=bibliographic+database+adalah&source=bl&ots=Ga_iCC0Pyn&sig=IeLp_U9nUIPdTdLIkfi8RDT9eAY&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjl9NSCqJ7QAhWLsY8KHc6gD1gQ6AEIYTAO#v=onepage&q=bibliographic%20database%20adalah&f=false

(diakses kamis, 10 november 2016)

  1. https://books.google.co.id/books?id=TkfvuXxjIE0C&pg=PA120&dq=klasifikasi+data+sekunder&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiEhNz4zZ_QAhWJRI8KHfwoB1QQ6AEIHDAA#v=onepage&q=klasifikasi%20data%20sekunder&f=false
  2. https://books.google.co.id/books?id=D3aXAgQpkJUC&pg=PA130&dq=ready+to+use,+requires+further+processing&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjZ3ZnQ85_QAhWBNY8KHRpCAWoQ6AEILjAD#v=onepage&q=ready%20to%20use%2C%20requires%20further%20processing&f=false

(diakses jumat, 11 november 2016)

  1. https://www.scribd.com/doc/84763375/Riset-Pemasaran-Global
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Units_of_measurement
  3. http://www.djsresearch.co.uk/glossary/item/Diary-Panel-Market-Research
  4. http://www.flashcardmachine.com/chapter-5syndicatedsources.html
  5. http://www.slideshare.net/jamil017675/marketing-research-ch-4malhotra
  6. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/9781444316568.wiem02046/abstract
  7. http://www.slideshare.net/velibahceci/syndicated-sources-of-secondary-data?next_slideshow=1
  8. http://sidsoft.in/SyndicateResearch.aspx
  9. https://books.google.co.id/books?id=WVCcAQAAQBAJ&pg=PA18&lpg=PA18&dq=households/consumers,+institutions&source=bl&ots=_xSYR4pvWF&sig=AXO-zhD5XoYkPLBP3Gm9eYfjJfM&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwigkuL86aTQAhVGsI8KHcfHA1kQ6AEISDAF#v=onepage&q=households%2Fconsumers%2C%20institutions&f=false
  10. http://www.businessdictionary.com/definition/institution.html
  11. https://www.reference.com/technology/computerized-database-678d4f655c4deef2#
  12. Suyanto, Muhammad. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi
  13. http://www.businessdictionary.com/definition/wholesaler.html
  14. http://www.businessdictionary.com/definition/retailer.html

(diakses sabtu, 12 november 2016)

 

-COPYRIGHT-

DEWI LIASTUTI

SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *